Kamis, 01 Maret 2012

ART FOR CHARITY


 Vakum selama dua bulan, kali ini HMJ Kriya ISI kembali melancarkan aksinya. Pada tanggal 26 Februari 2012 kemarin, HMJ Kriya ISI menghibur sekaligus mengisi workshop tekstil dan keramik di Panti Asuhan Amanah Imogiri, Bantul.
Begitu diundang oleh pihak panti untuk menghibur anak-anak panti, kami sangat antusias sekali. Dengan latar belakang seni yang kami miliki, kami sangat semangat untuk membagi ilmu dengan mereka.
Dengan  berbagai persiapan, pada Minggu pagi tanggal 26 Februari kami semangat berangkat ke Panti Asuhan Amanah. Dan ternyata, banyak mahasiswa yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara ini. Kurang lebih sebanyak 35 personil dari kriya yang berangkat untuk bertemu dengan anak-anak panti asuhan.
 Walaupun ternyata terdapat sedikit miss comunication dengan pihak panti , namun kami dapat mengatasinya. Sesampainya di sana, kami disambut dengan keceriaan anak-anak panti asuhan. Dan itu kembali membangkitkan semangat kami untuk acara ini.
Setelah berbagai sambutan dari pihak kami selaku utusan dari Kriya ISI dan dari pihak panti, acara pun dimulai. Sedikit hiburan dengan tarian poki-poki, workshop tekstil dan keramik dimulai. Let's have fun kids :D
Peserta workshop  adalah anak-anak dari usia empat-lima belas tahun dan terbagi menjadi peserta workshop tie-dye dan keramik. Dengan tentor dari kami, mereka sangat bergembira. Bermain tanah, membentuk nya dalam rupa hewan, tumbuhan bahkan makhluk fantasi mereka. Begitu juga dengan workshop tekstil.    Kami sengaja memberi materi tie-dye karena selain mudah untuk mereka, juga dapat bermain warna. Setelah dijahit dengan tusuk jelujur, ditali dengan rafia, mereka bebas untuk memberi warna.  Mereka tidak takut kotor dan berani mengekspresikan apapun yang ada dalam diri mereka.  Dan keceriaan muncul dari wajah-wajah polos mereka. Itu yang paling penting.
Diselingi dengan berbagai senda gurai, akhirnya workshop pun usai. Namun ini belum berakhir karena masih ada beberapa rangkaian acara untuk mereka di panti asuhan.  Setelah workshop ini, kami akan mengunjungi mereka dalam waktu dekat ini. 


Beramal tidak harus dengan materi.  Apapun dapat kita berikan untuk menghibur mereka dan tidak terukur dengan seberapa mahal atau murahnya itu. Kami mempunya modal berupa seni dan itu dapat kita berikan untuk mereka. Seni sebagai sarana beramal, itulah pesan yang ingin kami bagikan. Tidak melulu harus dengan berpameran, anak seni juga harus berbagi kepada sesama.  Berbagi ilmu, berbagi keceriaan dan berbagi kebersamaan.
Salam budaya !
:)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar